SUGENG NINGALI KARYANIPUN RADEN MAS HANGABEI IJOE

Sabtu, 13 Agustus 2011

Penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan yang berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.



Letak geografis Indonesia menyebabkan wilayah Indonesia memiliki iklim muson, yang berpengaruh terhadap perubahan musim di Indonesia. Perubahan musim di Indonesia terjadi dari musim hujan dan musim kemarau dengan fenomena alam, sebagai berikut :
Musim Hujan
Musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober sampai April. Musim hujan di Indonensia disebabkan oleh hembusan Angin Muson Barat yang bertiup dari Benua Asia yang bertekanan maksimum ke Benua Australia yeng bertekanan minimum. Angin Muson Barat ini banyak membawa uap air, sehingga di sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim hujan.
Di kota-kota besar dan di daerah-daerah yang hutannya gundul musim hujan sering mendatangkan bencana kebanjiran. Bencana ini menimbulkan dampak seperti banyak rumah penduduk terendam , bahkan tidak sedikit kehilangan harta dan nyawa penduduk yeng terkena musibah tersebut.
Kondisi pemukiman penduduk yang terendah banjir
Description: http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSz2k1O7wrRanqjBs4ZP4mImP5kTJE7JxcTCzA5XqbE-ZQDdNWG2dkXQ8Id

Alat yang digunakan untuk mengukur curah hujan adalah fluviometer atau penakar hujan.
Menurut jenisnya tipe hujan terdiri dari tiga macam, yaitu sebagai berikut ini :
Hujan Zenithal atau Hujan Konveksi
Hujan zenithal atau hujan konveksi adalah hujan yang terjadi karena udara permukaan yang naik akibat pemanasan Matahari menjadi lebih dingin dan mengembun kemudian turun menjadi hujan yang turun tegak lurus dan biasanya terjadi siang hari.
Description: http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRRgWlRTqYX2kWebFjSFu3PjLWs6S-58HyKeD1EJ9actEZBgrlg_vA-fOBJ
Hujan Orografis atau Hujan Pegunungan
Hujan orografis adalah hujan yang terjadi di daerah lereng pegunungan.
Description: http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSVA7Kl6A4Jln0rLfAEbQ6iNWEwe2worwVukV04TuqSAwRR9g3S2Dyb5Pg
Hujan Frontal/Hujan Silikon
Hujan frontal adalah hujan yang terjadi karena pertemuan masa udara panas dengan masa udara dingin yang terangkat naik disertai angin berputar (siklon).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar